Jumat, 11 September 2015

Puncak Lawang, Sajian Keindahan di Atas Ketinggian

Puncak Lawang merupakan nama suatu puncak dataran tinggi di Kabupaten Agam Sumatera Barat. Dari tempat ini, kita bisa melihat birunya Danau Maninjau. Puncak Lawang terletak di Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Dari sini kita dapat melihat pemandangan Danau Maninjau secara utuh.

Danau Maninjau dari Puncak Lawang          
Puncak Lawang berada di 1.210 mdpl. Di zaman penjajahan, tempat ini digunakan sebagai tempat peristirahatan bangsawan Belanda. Puncak Lawang sering digunakan untuk kejuaraan olahraga paralayang kelas internasional karena merupakan salah satu spot terbaik di Asia Tenggara. 
Untuk mencapai Puncak Lawang, ada beberapa jalan yang bisa di tempuh, 
1. Dari kota Bukittinggi
Jarak kota Bukittinggi dengan Puncak Lawang lebih kurang 25km yang dapat ditempuh dengan waktu lebih kurang 45-60 menit menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. suguhan alam sepanjang perjalanan dari Bukittinggi juga tidak kalah menarik. anda akan melewati jalan berkelok-kelok dengan bersisian dengan tebing dan areal pesawahan.

2. Dari Kota Padang
Bagi anda yang sedang berlibur ke kota Padang, tidak ada salahnya untuk mampir ke puncak lawang tanpa harus melewati Bukittinggi terlebih dahulu. Anda dapat melewati jalan lintas Padang-Maninjau . Melalui jalan ini, anda akan melewati berbagai daerah diantaranya Pariaman, Tiku, Lubuk Basung, PLTA dan Maninjau. untuk naik ke daerah perbukitan Puncak Lawang, anda harus melewai salah satu ikon Sumbar yaitu kelok 44.
kelok 44 dari udara
Setelah melewati kelok 44, anda akan memasuki daerah Ambun Pagi. untuk menuju kawasan Puncak Lawang, anda dapat melewati perbukitan Ambun Tanai atau melewati Pasar Lawang. waktu yang ditempuh dari Padang kota ke Puncak Lawang lebih kurang 2,5 jam.
Lamanya perjalanan tidak akan terasa karena di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan berbagai mahakarya Tuhan.

Perjalanan melelahkan terbayar sudah sesampainya di Puncak Lawang.

Ada dua tujuan yang dapat anda lalui di kawasan Puncak Lawang. Pertama anda dapat menuju Puncak Lawang dengan view Danau Maninjau dengan berbagai permainan anak-anak disana seperti bungee jumping dan flying fox.
Puncak Lawang

Kedua, anda dapat menuju lawang park dengan view danau maninjau dengan ketinggian yang lebih tinggi. di lawang park ini terdapat perkebunan strowberry yang sedang dikembangkan oleh penduduk setempat. jika anda ingin bermalam di lawang park ini, anda dapat menyewa villa yang berada di kawasan ini.
Lawang Park

Untuk memasuki kawasan Puncak Lawang dan Lawang Park, anda tidak perlu merogoh kocek dalam, karena harga tiket masuk adalah Rp 15.000,-
(*bagi anda yang mengenal salah satu penjaga, tiket masuk bisa anda dapatkan free :v :v)

Tips
1. Bagi anda yang mengunjungi Puncak Lawang hanya sekedar ingin berpiknik atau berekreasi bersama keluarga, lebih baik memakai kendaraan pribadi saja,atau jika tidak memungkinkan, anda bisa memakai kendaraan sewaan, karena jika menggunakan angkutan umum akan membuat anda repot saat pulang.
2. Jika anda berencana untuk berkemah di Puncak Lawang ini, sebaiknya anda dan rombongan naik angkutan umum saja, dan di lanjutkan dengan berjalan ke lokasi perkemahan anda, karena jika anda membawa kendaraan pribadi, akan cukup merepotkan jika sedang berkemah anda juga harus menjaga kendaraan anda yang kemungkinan di parkir di pinggir jalan.
3. Jika anda ingin melakukan kegiatan olahraga di Puncak Lawang, sebaiknya anda membawa barang-barang yang di perlukan, dan uang secukupnya saja.
4. Jangan lupa untuk menyiapkan bekal makan siang anda sendiri jika anda ingin berhemat, tapi jika tidak, anda bisa makan di restoran atau rumah makan-rumah makan kecil yang ada di sekitar lokasi Puncak Lawang.
5. datanglah ke kawasan ini pada saat cuaca cerah agar anda dengan puas dapat memandangi danau maninjau dan laut di seberang.

Bagaimana?? anda tertarik bukan? jangan sampai melewatkan daerah satu ini jika anda berlibur ke Sumatra Barat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar